Selamat Datang di Blog Pribadi Muhammad Ferdiansyah Susilo.... Semoga Mendapat Manfaat dari Blog ini... Terima Kasih Atas Kunjungannya....

Tuesday 23 July 2013

KEBAIKAN DAN KEJAHATAN YANG KITA LAKUKAN AKAN KEMBALI KEPADA KITA



Oleh : Muhammad Ferdiansyah Susilo.

Kisah ini saya dapatkan dari tausyiah Alm. Ustadz Jepri Al-Buchari atau yang akrab di sapa dengan UJE beberapa waktu yang lalu. Mudah-mudahan kita dapat mengambil pelajaran dari kisah ini. Aaamiiin....

Alkisah hiduplah seorang raja yang memiliki 3 (tiga) orang punggawa kerajaan yang memiliki tingkat kepatuhan yang berbeda. Suatu hari terpikirlah oleh sang raja bahwa ia ingin mengetahui mana bawahannya yang patuh dan yang tidak patuh. Kemudian di panggillah 3 (tiga) orang punggawa kerajaan tersebut dan diperintahkan kepada mereka masing-masing untuk membawa karung. Setelah itu sang raja memerintahkan setiap orang harus mengumpulkan buah-buahan dan dimasukkan kedalam karung tersebut.
            Singkat cerita pergilah tiga orang tadi untuk mengumpulkan buah-buahan yang diperintahkan oleh sang raja. Adapun punggawa yang sangat patuh kepada sang raja ia berusaha sebaik mungkin melaksanakan titah dari sang raja untuk mencari buah yang bagus dan segar untuk dipersembahkan kepada sang raja. Kemudian punggawa yang kedua adalah punggawa yang kurang patuh pada sang raja, dalam benaknya ia berpikir bahwa yang penting ia sudah melaksanakan perintah sang raja maka ia berpikir untuk cari mudahnya saja, dan ia pun mengumpulkan buah-buahan yang sudah jatuh dari atas pohon dan tidak jarang buah itu busuk karena dia tidak mau susah untuk memanjat pohon. Adapun punggawa yang ketiga ia berpikir bahwa sang raja itu sangat sibuk, jadi tidak mungkin sempat untuk memeriksa apa yang mereka kumpulkan, jadi iapun hanya memasukkan rumput ke dalam karung yang ia bawa tersebut.
            Kemudian setelah ketiga punggawanya selesai melaksanakan perintah dari sang raja maka dipanggillah 3 (tiga) orang tersebut. Alangkah terkejutnya ketiga orang tersebut ketika sang raja memerintahkan kepada prajurit-prajuritnya untuk memenjarakan ketiga orang tersebut selama 3 bulan dan tidak boleh diberi makan kecuali apa yang sudah mereka usahakan. Maka seketika itu menyesallah punggawa yang ke dua dan ketiga. Dan sangat beruntunglah punggawa yang taat kepada sang raja.

Dari cerita diatas dapatlah kita mengambil pelajaran bahwa kita akan memperoleh dari apa yang sudah kita usahakan. Jika yang kita usahakan itu baik maka baiklah yang akan kita dapatkan, tapi jika yang kita usahakan buruk maka buruklah yang kita dapatkan.
Firman Allah SWT :
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, (QS. Al-Isra : 7)
Jadi marilah sama-sama kita memperbanyak berbuat baik, karena dengan berbuat baik sesungguhnya kita telah berbuat baik untuk diri kita sendiri.

No comments: