Selamat Datang di Blog Pribadi Muhammad Ferdiansyah Susilo.... Semoga Mendapat Manfaat dari Blog ini... Terima Kasih Atas Kunjungannya....

Monday 5 August 2013

JANGAN TANYA KENAPA, TAPI TANYALAH BAGAIMANA


Oleh : Muhammad Ferdiansyah Susilo.

Bismillahirrahmanirrahim....

Sebagai seorang hamba tidak pantas rasanya jika kita bertanya KENAPA pada Allah SWT, karena sesungguhnya Allah itu Maha Mengetahui. Dia Maha Mengetahui apa-apa yang tidak kita ketahui, firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 255 :
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

          Sering kali pada saat kita tertimpa musibah atau hal-hal yang tidak menyenangkan pada diri kita, kita selalu bertanya kepada Allah kenapa semua ini harus terjadi, pada hal Allah itu Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita, dan Allah tidak mungkin menzholimi kita. Jadi sangat tidak pantas bagi kita untuk bertanya KENAPA apalagi sampai berburuk sangka pada Allah. Dalam salah satu ayatnya, Allah berfirman: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Al Baqarah: 286).

       Dari ayat diatas jelas bahwa Allah itu tidak mungkin menzholimi hamba-hambanya. Dia selalu menginginkan yang terbaik untuk kita sehingga jika kita tertimpa musibah atau hal-hal yang tidak menyenangkan jangan tanya KENAPA pada Allah tapi tanyalah BAGAIMANA agar kita bisa menghadapi masalah tersebut, karena sesungguhnya manusia itu tidak di desain untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, tapi agar lebih dekat dengan Allah dan menyerahkan masalahnya kepada Allah sehingga Allah yang akan membimbing kita untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi karena sesungguhnya setiap masalah pasti ada jalan keluarnya dan yakinlah bahwa “ Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sungguh sesudah kesulitan itu ada kemudahan...”

          Dan jangan pernah meminta kepada Allah agar diberikan beban atau masalah yang kecil, tapi mintalah kepada Allah agar kita diberi pundak yang kuat sehingga mampu memikul beban seberat apapun yang diberikan oleh Allah, karena sesungguhnya setiap ujian yang diberikan Allah itu mendewasakan kita.....

Wallahu’alam.

No comments: