Selamat Datang di Blog Pribadi Muhammad Ferdiansyah Susilo.... Semoga Mendapat Manfaat dari Blog ini... Terima Kasih Atas Kunjungannya....

Saturday 28 October 2017

Pengertian Cell, Range, Row dan Column pada Microsoft Excel



1. Cell

Secara sederhana Cell dapat di defenisikan sebagai kotak-kotak kecil yang berada dalam lembar kerja di excel baik berupa column/kolom maupun row/baris, Cell ini juga sering di ucapkan sel. Cell juga terdiri atas dua macam yaitu :


a. Cell aktif

Cell aktif yaitu sebuah kotak yang ditunjuk oleh point mouse (Pertemuan antara kolom dan baris) alamat ini bisa kita ketahui pada "Name box" dan pada name box inilah kita akan mengetahui cell mana yang sedang aktif

b. Cell tidak aktif

Cell tidak aktif yaitu kotak-kotak yang tidak ditunjuk oleh point mouse.

2. Range

Range adalah gabungan dari beberapa cell, artinya gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris semisal range A1:A5. seperti pada gambar berikut:




3. Column

Colum yaitu semua baris yang sejajar kesamping yang arahnya menuju kekanan, yang terdiri dari abjad A sampai dengan Z, AA, AB, AC-AZ hingga XFD dan kalau dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom. mudahnya saja Column adalah Kolom.

4. Row

Row adalah baris yang sejajar ke arah bawah dalam bentuk suatu angka 1 hingga 1.048.576 pada Excel 2007 ke atas. Mudahnya Row adalah Baris. Untuk lebih jelasnya pengertian dari Cell, Range, Row dan colum pada microsoft excel di atas berikut saya berikan ilustrasinya:

No comments: