Selamat Datang di Blog Pribadi Muhammad Ferdiansyah Susilo.... Semoga Mendapat Manfaat dari Blog ini... Terima Kasih Atas Kunjungannya....

Friday 12 April 2013

KEUTAMAAN SEDEKAH


                                     BERDERMA ITU MEMBAHAGIAKAN

KEBIASAAN membagi rezeki kepada orang lain ternyata berdampak positif terhadap kesehatan mental seseorang. Menurut hasil penelitian tim dari University of British Columbia, Kanada, yang dipublikasikan jum’at (21/3), orang yang selalu berusaha berderma sekecil apapun akan merasakan kebahagiaan yang lebih berarti dan lebih lama daripada orang yang jarang berderma.
                Survei dilakukan terhadap 630 responden. Sejumlah responden merasa lebih lega meski hanya mendermakan US$ 5 per bulan.
                Tim itu juga meneliti ukuran kebahagiaan terhadap 16 staff sebuah firma hukum di Boston, sebelum dan setelah mereka menerima bonus keuntungan perusahaan. Hasilnya, mereka yang membagi bonus tersebut dengan orang lain merasakan jumlah uang yang mereka dapat lebih berarti daripada mereka yang menghabiskannya sendiri. (*/bbcnews.co.uk/X-11)

            Sebenarnya masih banyak lagi manfaat atau keutamaan-keutamaan dari sedekah. Yang pasti sedekah itu tidak akan membuat kita miskin, malah harta kita akan semakin bertambah dan bertambah. Firman Allah SWT Q.S. Al-Baqoroh (2) : 245 : 
Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan

Adapun dalam ayat lain Allah mengatakan:
 Q.S.. Saba’[34] : 39,
Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya.
Kemudian Allah juga berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah (2) :  261
 Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui

Jadi jelas bahwa tidak ada orang yang jatuh miskin karena berderma atau sedekah. Justru semakin kita banyak bersedekah maka akan semakin bahagia hidup kita dan semakin sejahteralah kita. So, mulailah bersedekah dan rasakan sensasi keindahan berbagi dan memberi karena Allah.

Penulis,


Muhammad Ferdiansyah Susilo

No comments: